SUMBER EKONOMI

















SUMBER EKONOMI

Tidak semua kebutuhan manusia akan terpenuhi. Kebutuhan seseorang dikatakan terpenuhi apabila ia mengkonsomsikan barang/jasa yang ia butuhkan.Tetapi barang dan jasa hanya akan tersedia (untuk konsumsi) apabila diproduksikan. Kemampuan setiap masyarakat, baik yang maju maupun yang terbelakang untuk memenuhi barang dan jasa yang dibutuhkan oleh semua warganya selalu mempunyai batas.
Mengapa ? Sebab proses produksi memerlukan sumber-sumber ekonomi untuk melaksanaknnya, dan sumber-sumber ekonomi yang tersedia selalu terbatas jumlahnya.
Sumber-sumber ekonomi ini bisa digolongkan menjadi :
a. Sumber-sumber alam misalnya tanah, minyak bumi, hasil tambang
lain, air, udara.
b. Sumber ekonomi yang berupa manusia dan tenaga manusia
termasuk bukan hanya kemampuan fisik manusia, tetapi juga
kemampuan mental, ketrampilan dan keahlian.
c. Sumber-sumber ekonomi buatan manusia seperti mesin-mesin,
gedung-gedung, jalan-jalan, atau sering disebut dengan istilah
barang-barang modal atau kapital.
Tersedianya ketiga sumber ekonomi tersebut tidaklah menjamin timbulnya kegiatan produksi.Kegiatan produksi tidak akan terjadi dengan sendirinya, meskipun ketiga sumber ekonomi tersebut tersedia berlimpah, harus ada pihak-pihak yang berinisiatif menggabungkan dan mengorganisir ketiga sumber ekonomi tersebut sedemikian rupa hingga menghasilkan barang/jasa yang dibutuhkan.Ini biasanya digolongkan dalam sumber ekonomi yang keempat yaitu :
d. Kepengusahaan (Entrepreneurship).
Dalam sistem kapitalis, mereka ini adalah siapa saja yang mau dan mampu berusaha untuk mengorganisir proses produksi.Dalam sistem sosialis, mereka adalah negara (masyarakat) atau yang bertindak atas nama negara (masyarakat).Dalam sistem ekonomi apapun pihak yang mengambil inisiatif usaha ini harus ada.Istilah lain bagi sumber ekonomi adalah faktor produksi.


https://atifhidayat.wordpress.com/2009/02/03/dasar2-ekonomi-tanah/

Komentar