perangkat keras untuk mengakses internet

1. Jaringan komputer
Agar kalian lebih memahami tentang internet, kalian harus mengetahui tentang jaringan. Secara sederhana suatu jaringan dapat dibentuk oleh dua buh komputer yang saling berhubungan. 

Jaringan komputer dapat di bedakan berdasarkan jarak dan area kerjanya ke dalam LAN,MAN,dan WAN. Teransfer  dpat menggunakan tembaga,serat optik,saluran telepon,bahkan menggunakan sinar infra merah dan sinyal radio.  

a. Local area network(lan)
 Jaringan komunikasi yg melayani penggunaan yg berbeda dlm sebuh jangkauan area geografis  yangt terbatas.Server adalah mesin berkecepatan tinggi yasng mampu menangani penggunaan bersama atas file data dan program yg dakses oleh banyak penggunaan melalui jaringan. Cilen adalah dimana unser bekerja melalui PC-nya yg selain bisa dimanfaatkan untuk bekerja . 

Sebua LAN yg kecil memungkinkan sebuah workstation untuk di fungsikan sebagai server yg memungkinkan dirinya untuk bisa melakukan akses terhadap komputer rekanya.


Image result for gambar lan           










b, metroplitan area network (MAN)
Merupakan hubungan antar komputer yg membentuk sebuah jaringan yg melaayani organisasi satu lingkup kerja yg menjangkau gedung berlainan.





Image result for gambar topologi tree

c. wide Area NETWORK ( WAN)
yaitu jaringan komputer yang menjangkau area yang secara geografis secara luas .untuk menghubungkan komputer yang letak nya sangat jauh tersebut komputer dihubungkan dengan bantuan jarinagn lain di antara nya jaringan telepon ataupun sinyal satelit. 

Image result for gambarwan


2.Internet dan perkembangannya 
yaitu tidak ada satu pihak pun memilikinya. peerusahaan-perusahaan jasa isp bersepakat untuk menghubungkan jaringan nya menjadi jaringan yang sangat luas kemunculan nya pada awal 1969 , internet hanya menghubungkan empat buah komputer dengan sistem operasi yang berdeba beda ARPA membangun sebuah jaringan yang menghubungkan empat buah komputer dengan sistem operasi yang berbeda beda yang disebut ARPANET. penggunaan internet awalnya adalah pemerintah,pihak militer, inversitas , dan para ilmuwan komputer dengan adanya world wide web , internet lebih mudah digunakan oleh karena belum memadainya invastruktur dan keluarganya dana , jaringan ini tidak dapat berkembang meskipun demikian , setudi dan upaya implemitasi jaringan terus dilakukan ,seperi jaringan ilmu pengetahuan dan teknologi nasional yang kemudian dikenal dengan nama ipteknet. 

3. notasi kecepatan transfer data 
dalam dunia jaringan dan internet , kecepatan transfer data menjadi topik yang sering dibicarakan . kecepatan transfer data diukur menggunakan satuan umum bit per second atau disingkat bps notasi bps digunakan pada peralatan jaringan semisal modem .

4.pengalamatan di internet 
jika ingin mengunjungi rumah teman , waktu kalian perlu mengetahui alamat rumah teman kalian tersebut.alamat imternet disebut sebagai unifrom resoures locator (url). terdiri atas 3 jenis yaitu internet protokol ,adres,(alamat internet protokol \alamat ip)
a.alamat protokol internet
layaknya rumah tiap komputer anggota jaringan juga memiliki nomor identitas.
b domain name system addres (dns)
dns addres adalah cara pengamatan komputer menurut nama kelompok

B.Perangkat Keras Akses Internet

1.Perangakat Utama

  a.Komputer
     komputer adalah alat serba guna yang banyak membantu kehidupan manusia.
b.kartu jaringan 
kartu jaringan digunakan sebagai jembatan penghubung komputer ke jaringan.
c.Modem
   modem merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi ke dalam siyal pembawa dan siap untuk dikirimkan.
modem berdasarkan bentuk fisik, dibedakan menjadi:
1.modem external
2.modem internal
berdasarkan jaringan
1.modem kabel
2.modem wireless
d.saluran telepon
  saluran telepon diperlukan untuk menghubungkan komputer dengan internet penggunaan saluran telepon diikuti dengan penggunaan modem dial up

2.peralatan pendukung

   a. hub/switch
hub digunakan sebagai alat penghubung antarkomputer.hub dan switch dapat melakukan transfer data dengan kecepatan hingga 100Mbps.bahkan,switch telah dikembangakan hingga mampu melakukan transfer data dengan kecepatan mencapai 1 Gbps.
  kekurangan hub yaitu memperluas daerah tabrakan data (collision domain). hal ini mengakibatkan penurunan unjuk kerja jaringan.

  b.Repeater
     Repeater digunakan sebagai penerima sinyal dan kemudin memancarkannya kembali.repeater dianggap memiliki nilai lebih karena benda ini mampu memperkuat sinyal.singkatnya,repeater berfungsi untuk menguatkan kembali sinyal dengan kekuatan sinyal yang asli.

c.Router
   Router adalah sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkan paket dat melaliu sebuah jaringan atau internet menuju tujuannya,melalui sebuah proses yang dikenal sebagai Routing.
   Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya.


Hasil gambar untuk router


   secara umum,router dibagi menjadi dua buah jenis,yakni:
1).static router (rauter statis),adalah sebuah router yang memiliki tabel routing statis yang di setting secara manual oleh para administrator jaringan.
2).Dynamic router (router dinamis),adalah sebuah router yang memiliki dan membuat tabel routing dinamis,dengan mendengarkan lalu lintas jaringan dan juga dengan saling berhubungan dengan router lainnya.

C. Menghubungkan komputer dengangan internet.
     1. Sambungan internet
saling berhubungan dan berkomunikasi, akses internet membutuhkan sebubuah prototokol  standar.
a.TCP/IP(transmision control protokcol/internet protocol)
    digunakan pada komputer yg terhubung dengan jaringan internet melalui kabel ke telepon.
b.WAP(Wireless aplication protokol) 

Komentar

Posting Komentar