PROGRAM PENDIDIKAN EKONOMI

. Visi Program Studi
Program Studi Pendidikan Ekonomi merupakan salah satu program studi yang terbaik, memiliki daya saing dan menjadi sebuah organisasi belajar (Learning Organization) yang unggul baik di lingkungan Universitas Negeri Jakarta maupun diantara program studi di luar Universitas Negeri Jakarta.
2. Misi Program Studi
  1. Melaksanakan peningkatan mutu program pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat di dalam dan di luar kampus.
  2. Meningkatkan mutu proses belajar mengajar atau perkuliahan baik secara akademis, konseptual maupun faktual.
  3. Meningkatkan mutu pemantauan dan evaluasi hasil atau prestasi belajar mahasiswa secara lebih cermat dan berkelanjutan

  • Profil Lulusan
Lulusan Program Studi Pendidikan Ekonomi diharapkan dapat bekerja sebagai :
  1. Guru SMA/SMK
  2. Peneliti
  3. Tenaga Kependidikan
  4. Manajerial
  5. Wirausaha
  6. Pengelola Laboratorium
  7. Peneliti Bidang Pendidikan

  • Capaian Pembelajaran Program Studi(PLO)
Mampu merencanakan, mengevalusi dan menciptakan konsep dan model pembelajaran Bidang Pendidikan Ekonomi Koperasi, Pendidikan Akuntansi, dan Pendidikan Administrasi Perkantoran. Secara rinci capaian pembelajaran program studi adalah sebagai berikut:
  1. Memiliki pengetahuan tentang karakteristik dan perkembangan peserta didik yang diterapkan dalam belajar dan pembelajaran pendidikan ekonomi koperasi, pendidikan administrasi perkantoran, dan pendidikan akuntansi yang mendidik;
  2. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran pendidikan ekonomi koperasi, pendidikan administrasi perkantoran, dan pendidikan akuntansi yang efektif;
  3. Menguasai perencanaan dan pengembangan kurikulum;
  4. Menguasai langkah-langkah pembelajaran pendidikan ekonomi koperasi, pendidikan administrasi perkantoran, dan pendidikan akuntansi yang efektif;
  5. Memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam memilih, menggunakan dan mengembangkan asesmen dalam pembelajaran pendidikan ekonomi koperasi, pendidikan administrasi perkantoran, dan pendidikan akuntansi;
  6. Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan lingkungan internal dan eksternal;
  7. Memiliki kemampuan bekerja dalam tim;
  8. Menguasai hakikat profesi pendidikan ekonomi koperasi, pendidikan administrasi perkantoran, dan pendidikan akuntansi;
  9. Menguasai materi, struktur, konsep, metodologi, dan pola pikir keilmuan dasar mendukung pembelajaran pendidikan ekonomi koperasi, pendidikan administrasi perkantoran, dan pendidikan akuntansi di SMA/SMK;
  10. Menguasai materi, strukt. Visi Program Studi
    Program Studi Pendidikan Ekonomi merupakan salah satu program studi yang terbaik, memiliki daya saing dan menjadi sebuah organisasi belajar (Learning Organization) yang unggul baik di lingkungan Universitas Negeri Jakarta maupun diantara program studi di luar Universitas Negeri Jakarta.
    2. Misi Program Studi
    1. Melaksanakan peningkatan mutu program pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat di dalam dan di luar kampus.
    2. Meningkatkan mutu proses belajar mengajar atau perkuliahan baik secara akademis, konseptual maupun faktual.
    3. Meningkatkan mutu pemantauan dan evaluasi hasil atau prestasi belajar mahasiswa secara lebih cermat dan berkelanjutan

    • Profil Lulusan
    Lulusan Program Studi Pendidikan Ekonomi diharapkan dapat bekerja sebagai :
    1. Guru SMA/SMK
    2. Peneliti
    3. Tenaga Kependidikan
    4. Manajerial
    5. Wirausaha
    6. Pengelola Laboratorium
    7. Peneliti Bidang Pendidikan

    • Capaian Pembelajaran Program Studi(PLO)
    Mampu merencanakan, mengevalusi dan menciptakan konsep dan model pembelajaran Bidang Pendidikan Ekonomi Koperasi, Pendidikan Akuntansi, dan Pendidikan Administrasi Perkantoran. Secara rinci capaian pembelajaran program studi adalah sebagai berikut:
    1. Memiliki pengetahuan tentang karakteristik dan perkembangan peserta didik yang diterapkan dalam belajar dan pembelajaran pendidikan ekonomi koperasi, pendidikan administrasi perkantoran, dan pendidikan akuntansi yang mendidik;
    2. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran pendidikan ekonomi koperasi, pendidikan administrasi perkantoran, dan pendidikan akuntansi yang efektif;
    3. Menguasai perencanaan dan pengembangan kurikulum;
    4. Menguasai langkah-langkah pembelajaran pendidikan ekonomi koperasi, pendidikan administrasi perkantoran, dan pendidikan akuntansi yang efektif;
    5. Memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam memilih, menggunakan dan mengembangkan asesmen dalam pembelajaran pendidikan ekonomi koperasi, pendidikan administrasi perkantoran, dan pendidikan akuntansi;
    6. Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan lingkungan internal dan eksternal;
    7. Memiliki kemampuan bekerja dalam tim;
    8. Menguasai hakikat profesi pendidikan ekonomi koperasi, pendidikan administrasi perkantoran, dan pendidikan akuntansi;
    9. Menguasai materi, struktur, konsep, metodologi, dan pola pikir keilmuan dasar mendukung pembelajaran pendidikan ekonomi koperasi, pendidikan administrasi perkantoran, dan pendidikan akuntansi di SMA/SMK;
    10. Menguasai materi, struktur, konsep, metodologi, dan pendukung (tools) keilmuan yang mendukung pembelajaran pendidikan ekonomi koperasi, pendidikan administrasi perkantoran, dan pendidikan akuntansiSMA/SMK;
    11. Mampu mengevaluasi secara komprehensif kerjanya dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni untuk menghasilkan langkah-langkah pengembangan strategi pembelajaran;
    12. Bertanggungjawab dan memiliki komitmen sebagai pendidik;
    13. Berpikir terbuka, kritis, inovatif, dan percaya diri dalam mengemban tugasnya sebagai guru pendidikan ekonomi, pendidikan administrasi perkantoran, dan pendidikan akuntansi;
    14. Mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan.
    http://fe.unj.ac.id/?page_id=71

Komentar